Pembangunan Labuan Bajo

Pembangunan Labuan Bajo

Pembangunan Labuan Bajo kota pariwisata baru yang namanya mulai dikenal oleh masyarakat indonesia bahkan dunia beberapa tahun belakangan ini. Semenjak ditetapkannya menjadi 10 pembangunan prioritas Indonesia serta di tetapkannya menjadi destinasi Wisata Premium indonesia sontak membuat banyak orang penasaran tentang desa Kecil di ujung barat Pulau flores ini.

Sejak 2 tahun lalu memang pembangunan Labuan Bajo sangat terasa, mulai pembangunan jaringan listrik, jalan raya, bandara, trotoar, pelabuhan dan fasilitas – fasilitas infrastruktur yang lainnya, sektor swasta pun tidak kalah saing, sudah mulai banyak yang Masuk ke labuan bajo. Kita sebut saja pembangunan hotel, restaurant, akomodasi wisata, persewaan mobil dan motor, lalu belum lagi investor dan pemilik kapal Speedboat atau phinisi, seakan mereka berlomba – lomba untuk tidak kehilangan kesempatan dalam mencari setiap peluang yang ada di Labuan Bajo.

Penduduk asli pun tidak mau ikut tinggalan yang tadinya hanya menjadi nelayan mulai beralih profesi menjadi driver Pariwisata, guide, krew kapal layar atau membuka usaha kecil lainnya seperti persewaan motor dan alat snorkeling. Bagi warga lokal yang mempunyai dana lebih hasil menjual tanah, mereka alihkan ke usaha pariwisata yang lebih besar seperti dive center, restaurant, atau sebagai pemilik kapal phinisi.

Eforia pertumbuhan ini sangat terasa. Terlebih lagi penulis sudah menetap di labuan bajo selama 3 tahun belakangan ini. Pembangunannya sangat pesat, tampaknya pemerintah pusat dam daerah benar – benar ingin menjadikan labuan bajo menjadi “the next bali” namun dibalik pertumbuhan yang sangat cepat ini apakah sumber daya manusianya sudah siap? Apa regulasi daerah sudah dibuat? Sarana dan prasarannya akankah siap menunjang atau malah akan menjadi penghambat dalam pembangunan ini.

Berikut ini foto – foto yang yang penulis bisa rangkum untuk mengetahui pembangunan labuan bajo apa saja yang ada di labuan bajo saat ini.

Facebook
X
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Related Article