Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin - Labuan Bajo

Prolog

Gua Batu Cermin adalah Gua terowongan yang berada di Bukit Batu, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores ini memiliki luas kurang lebih 19 hektar dengan tinggi sekitar 75 meter. Gua Batu Cermin ini adalah satu worth visit sebelum pulang atau pertama kali saat mendarat di Labuan bajo. Jaraknya yang tidak begitu jauh dari kota labuan bajo menjadikan destinasi yang lumayan favorite, hanya dibutuhkan waktu 15 menit dari Bandara, bahkan kurang. 

Mencapai Lokasi

Tak perlu bingung untuk bisa sampai ke Gua Batu Cermin, kamu hanya tinggal bertanya kepada penduduk sekitar. Karena, lokasi ini sangat gampang dijangkau. Jika kamu baru sampai di bandara Labuan Bajo, kamu bisa mengambil jalan menuju Gua Batu Cermin dengan menggunakan jasa angkutan umum. Kamu akan bertemu dengan angkot berwarna biru yang akan membawa kamu langsung sampai tempat tujuan. Atau Anda juga dapat menggunakan Komodoshuttle jika  berpergian dengan group yang tentunya akan lebih mudah, dan ingin kesan mewah tetap dalam perjalanan trip anda. Silahkan untuk menghubungi 0811-337-168.

Kunjungan yang tepat di Batucermin ini adalah pada saat sesaat mendarat dan sebelum pulang menuju Airport. 

Kenapa dibilang Gua Batu Cermin?

Sinar matahari masuk ke gua melalui dinding-dinding gua batu cermin, dan memantulkan cahayanya di dinding batu sehingga merefleksikan cahaya kecil ke areal lain dalam gua sehingga terlihat seperti cermin.[1] Stalagtitdan stalagmit dalam gua terlihat berkilauan saat disinari cahaya senter maupun cahaya matahari.[3] Kilauan ini disebabkan oleh kandungan garam di dalam air yang mengalir di saat turun hujan.[3] Hal inilah yang membuat masyarakat sekitar menyebut gua ini denga gua batu cermin.[1]

Batu Cermin Labuan Bajo
Sejarahnya

Tidak banyak yang tahu jika gua ini sudah ditemukan sejak tahun 1951 oleh seorang arkeolog bernama Theodore Verhoven.

Dari temuan tersebut, Theodore Verhoven berpendapat jika Pulau Flores dulunya adalah dasar laut. Pernyataan tersebut berdasarkan temuan koral serta fosil satwa laut yang menempel di dinding gua.

Kunjungan yang sangat layak sesaat anda mendarat di Labuan Bajo atau sebelum anda meninggalkan Labuan Bajo. 

komodoshuttle
WhatsApp us